Sabtu, 09 Agustus 2008

Tenaga Dokter di Tebo Masih Minim

MUARATEBO (Kapas Kanopi)- Hingga saat ini masalah kekurangan tenaga kesehatan di Kabupaten Tebo masih sangat minim. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Tebo, Drs Haflin Mkes APT mencontohkan di Kecamatan VII Koto, perbandingan rasio dokter dengan masyarakat yakni 1 banding 4.892. Perbandingan itu masih sangat jauh dari yang diharapkan untuk pelayanan kesehatan. Hal ini dituturkannya saat peresmian Puskesmas di Kecamatan VII Koto, baru-baru ini.

‘’Pembangunan Puskesmas Desa Teluk Lancang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah-daerah dalam Kabupaten Tebo, terutama kecamatan VII Koto,” ujarnya. Di Kecamatan paling ujung Tebo ini, telah terdapat 1 unit Puskesmas Perawatan, 4 unit Puskesmas Pembantu, 2 unit Puskesmas Keliling dan 10 unit Poskesdes yang baru dibangun tiga unit. Tenaga medis, 3 orang, dokter umum, 1 orang, dokter gigi, 6 orang, bidan, 16 orang, perawat dan beberapa tenaga medis lainnya.

Untuk itu, pemerintah terus melakukan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan hingga ke daerah-daerah terpencil. Untuk meningkatkan tenaga medis, Tebo juga menyekolahkan putera-puteri Tebo baik untuk tenaga perawat, bidan dan dokter serta dokter spesialis. (uka)

Tidak ada komentar: