Sabtu, 09 Agustus 2008

Cegah Kabut Asap, Linhut-Polhut Patroli

SAROLANGUN - Guna mengantisipasi kabut asap dari pembakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun sebelumnya, memasuki musim kemarau Dinas Kehutanan dan Perkebunan melalui Bidang Polisi Hutan (Polhut) bekerjasama dengan Bidang Perlindungan Hutan (Linhut) Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, kemarin mulai melakukan patroli di sejumlah wilayah yang dinilai rawan kebakaran.

Kadis Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Sarolangun, Ir Joko Susilo saat ditemui harian ini membenarkan tim dari Provinsi telah datang dan hari ini (kemarin) bergerak bersama Polhut Dishutbun Sarolangun guna melakukan patroli di sejumlah wilayah perkecamatan yang ada di Sarolangun.

‘’Linhut Provinsi bersama Polhut Sarolangun mulai hari ini (kemarin) telah bergerak ke wilayah yang dinilai rawan kebakaran hingga Kamis depan. Selain itu, juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar jangan membakar lahan dan hutan. Apalagi saat musim kemarau ini banyak masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar,’’ ungkap Joko.

Kebakaran hutan ataupun lahan, katanya, akan berdampak pada hancurnya ekosistem hutan dan mencuatnya kabut asap yang dapat merugi kesehatan dan gangguan pada arus lalulintas darat, laut maupun udara.

‘’Oleh sebab itu, kami menghimbau kepada masyarakat dan pihak perusahaan jangan membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, semuanya itu ada sanksinya yaitu tindak pidana,’’ terang Joko. (Kapas Kanopi)

Tidak ada komentar: