Senin, 07 Juli 2008

Danau Sigombak Masih Sepi Wisatawan

MUARATEBO-Keindahan objek wisata danau Sigombak yang terletak di Kabupaten Tebo ternyata belum mampu menarik wisatawan. Setiap akhir pekan danau yang tepatnya terletak di desa TK Jambu, Tebo Ulu sekitar 30 KM dari kota Muara Tebo itu hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal.
Sejauh ini, penikmat objek wisata itu masih di dominasi warga dari dalam kabupaten Tebo yang memanfaatkannya untuk refresing. Khususnya pada akhir pekan, danau itu ramai dikunjungi masyrakat sekitar. Pada hari-hari libur nasional, warga beberapa daerah dalam kabupaten Tebo memanfaatkan kesejukan danau untuk beristirahat sambil membakar ikan.
“Saat ini masih banyak yang harus dibenahi untuk menjadikan danau ini sebagai tempat wisata. Untuk membangun danau ini dibutuhkan banyak modal baik dari APBD ataupun dari investor. Kalau tidak maka akan sulit berkembang,” tukas Hasrul salah seorang pengunjung.
Diketahui, danau Sigombak memiliki luas areal sekitar 45 KM. Di tengah-tengah danau, terdapat pulau yang dikelilingi air danau dengan luas sekitar 15 KM. Di pinggiran danau, saat ini baru di bangun satu dermaga kayu yang menjorok ke dalam danau. Dari dermaga itu pengunjung dapat menikmati atau sekedar bersantai di danau mulai di gali potensinya sejak tahun 2001 lalu itu.
Selain danau sigombak, Kabupaten Tebo juga banyak memiliki potensi alam, budaya dan peninggalan sejarah lainnya. Seperti danau Tanduk di Kecamatan Tebo Tengah, makam Sultan Thaha, Taman Rimba di Tebo Ilir, dan sejumlah candi dan bangunan peninggalan sejarah yang tersebar dalam kabupaten Tebo. Baik peninggalan zaman kerajaan maupun bukti sejarah penjajahan Belanda. (Kanopi)

Tidak ada komentar: